63 Siswa SMKN 4 Bandar Lampung Ikut Uji Kompetensi Kepemanduan

BANDAR LAMPUNG (Lampost.co) — Sebanyak 63 siswa kelas XII, jurusan Usaha Perjalanan Wisata SMKN 4 Bandar Lampung, mengikuti uji kompetensi kepemanduan, di sekolah setempat, baru-baru ini.

Wakil Kepala Bidang Hubungan Masyarakat sekolah setempat, Yornedi kepada lampost.co, Rabu (15/8/2018) mengatakan uji kompetensi dilakukan untuk mengetahui keahlian yang telah didapat siswa selama bersekolah.

Menurut dia, tim penguji uji kompetensi berasal dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Raflesia sebagai perpanjangan tangan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Jakarta.

“Uji kompetensi itu bertujuan menguji keahlian siswa apakah sudah kompeten atau belum. Sistem ujian dilakukan melalui tes tertulis dan praktik pemanduan,” ujar dia.

Ia mengatakan, siswa dinyatakan kompeten setelah diuji oleh BNSP akan diberikan sertifikat yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk mencari pekerjaan di dunia usaha dan industri.

“Peserta yang telah mengikuti ujian belum tentu semua dinyatakan lulus oleh penguji, tetapi dari sejumlah peserta yang mengikuti ujian kemarin hampir seluruhnya akan memperoleh sertifikat keahlian,” kata dia.

Dijelaskannya, uji kompetensi kepemanduan ini didanai oleh Kementerian Pariwisata. “Siswa mengikuti uji kompetensi ini tidak dimintai biaya karena telah didanai oleh pemerintah pusat,” jelasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *