Rekayasa Perangkat Lunak

Software Engineerring

Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

PERANGKAT LUNAK :

Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.

beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu:

1.Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata,lembar tabel hitungpemutar media, dan paket aplikasi perkantoranseperti OpenOffice.org.

2.Sistem operasi (operating system) misalnya Linux Ubuntu, Microsoft Windows, Free BSD, Unix, Mac OS

3.Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi sepertiPascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.

4.Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu penggunaanbarcode scanner pada aplikasi database lainnya.[4]

5.Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital dan pengendali jarak jauh.

6.Perangkat lunak bebas (free ‘libre’ software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)

7.Perangkat lunak gratis (freeware)

8.Perangkat lunak uji coba (shareware / ‘trialware)

9.Perangkat lunak perusak (malware)

10.Garis Besar Kerangka Kurikulum REKAYASA PERANGKAT LUNAK:

11.Personal Komputer & Jaringan (merakit, instalasi dan menggunakan sistem operasi)

12.Menggunakan Bahasa Pemrograman Komputer (Desktop/Web)

13.Merancang, membuat dan mengelola aplikasi pengelolaan data

14.Tingkatan Sumber Daya Manusia dalam Bidang RPL :

15.User / Pengguna

16.Operator

17.Junior Programmer (Pembuat Program Yunior)

18.Senior Programmer (Pembuat Program Senior)

19.Analist

Target Pendidikan Jurusan RPL SMK → Operator Menuju Junior Programmer

Lapangan Pekerjaan :

Semua bidang pekerjaan yang berhubungan dengan komputer

Programmer Junior

Operator dan Teknisi Komputer

Bagian pengolahan data

Proses belajar mengajar di RPL SMKN 4 Bandar Lampung :

Normatif

Adaftif

Produktif

Produktif :

Kompetensi Dasar

Kompetensi Keahlian

Produktif → berisi materi2 utama khas RPLyang akan dibagi menjadi jam kegiatan berikut:

Tatap Muka (TM)

Praktek Sekolah (PS)

Praktek Lapangan (PL)