Usaha Perjalanan Wisata

Tujuannya membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :

  •  Memahami prinsip-prinsip bisnis
  •  Menata produk
  •  Melakukan negosiasi
  • Melakukan konfirmasi keputusan pelanggan
  • Melakukan proses administrasi transaksi
  • Melaksanakan penyerahan/pengiriman produk
  • Melakukan penagihan pembayaran
  • Mempersiapkan dan mengoperasikan peralatan transaksi di lokasi penjualan
  • Menemukan peluang baru dari pelanggan
  •  Melaksanakan pelayanan prima
  •  Membuka usaha eceran/ritel
  •  Melakukan pemasaran barang dan jasa
  •  Penanganan konflik

Kompetensi Dasar

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Melakasanakan kerjasama dengan 1.1. Melaksanakan komunikasi di tempat kerja.
kolega dan pelanggan 1.2. Memberikan bantuan kepada kolega dan
pelanggan.
1.3. Menjaga standar penampilan diri.
1.4. Bekerjasama dengan tim.
2. Melaksanakan pekerjaan dalam 2.1. Melaksanakan komunikasi dengan kolega
lingkungan sosial yang berbea. dan pelanggan dari latar belakang yang
berbeda.
2.2. Menangani kesalahpahaman antar budaya.
3. Menerapkn keselamatan, kesehatan 3.1. Mendeskripsikan keselamatan dan
kerja dan lingkungan hidup (K3LH). kesehatan kerja (K3)
3.2. Melaksanakan prosedur K3.
3.3. Menerapkan konsep lingkungan hidup.
3.4. Menerapkan ketentuan pertolongan pertama
pada kecelakaan.
4. Memutakhirkan informasi industri 4.1. Mengidentifikasi informasi tentang industri
pariwisata. pariwisata.
4.2. Memutakhirkan pengetahuan industri
pariwisata.
5. Menangani konflik konsumen 5.1. Mengidentifikasi situasi konflik.
5.2. Memberikan solusi / pemecahan situasi
konflik.
5.3. Menanggapi keluhan konsumen.

 

Kompetensi Keahlian

height=”19″ align=”LEFT”> wisatawan.

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
6. Melakukan komunikasi melalui 6.1. Menjawab panggilan telepon/faximile yang
telepon. masuk.
6.2. Melakukan panggilan telepon.
7. Melakukan prosedur administrasi. 7.1. Memproses dokumen kantor.
7.2. Memelihara sistem data.
8. Memproses reservasi jasa 8.1. Menerima permintaan reservasi / permintaan
penerbangan udara. tempat jasa penerbangan udara.
8.2. Memutakhirkan jasa reservasi (up-date data)
8.3. Memberikan saran pada orang lain tentang
reservasi secara rinci.
9. Memproses Dokumen perjalanan 9.1. Menginterprestasikan informasi yang
selain dokumen perjalanan udara. diperlukan dalam proses dokumen perjalanan.
9.2. Memproses dokumen perjalanan.
10. Memutakhirkan informasi umum 10.1. Mengumpulkan informasi umum bagi
bagi pramuwisata. pramuwisata.
10.2. Memutakhirkan informasi umum bagi
pramuwisata.
11. Melaksanakan tugas 11.1. Menerapkan hukum, susila dan persyaratan
kepramuwisataan keselamatan pramuwisata.
11.2. Meningkatkan penguasaan pengetahuan dan
keterampilan kepramuwisataan.
12. Menyusun laporan keuangan. 12.1. Membuat jurnal keuangan.
12.2. Melakukan penyesuaian rekening.
12.3. Membuat laporan keuangan.
13. Menerbitkan tiket penerbangan 13.1. Menginterpretasikan informasi tiket
domestik. penerbangan omestik.
13.2. Menghitung tarif penerbangan domestik
dan rutenya.
13,3. Memproses dokumen perjalanan udara
domestik.
14. Mengoperasikan sistem reservasi 14.1. Menggunakan informasi sistem reservasi
komputer. komputer ( CRS ).
14.2. Memproses reservasi melalui Computerized
Reservation System ( CRS ).
14.3. Melakukan komunikasi CRS.
15. Menyediakan informasi dan saran 16.1. Menjelaskan informasi tentang daerah
mengenai daerah tujuan wisata. tujuan wisata.
16.2. Menyajikan informasi dan saran dan saran
tentang daerah tujuan wisata.
16. Mengkoordinasikan jasa-jasa 15.1. Mengidentifikasi keperluan pemesanan jasa-
pemasok. jasa pemasok.
15.2. Memintakan ( pemesanan jasa ) layanan
wisata.
15.3. Memproses permintaan konfirmasi layanan.
15.4. Melakukan finalisasi pemesanan.
17. Menginterpretasikan informasi 17.1. Mengakses informasi produk wisata.
produk wisata. 17.2. Menterjemahkan informasi prosuk wisata.
17.3. Memberikan saran tentang pengetahuan
produk wisata.
18. Mengelola perjalanan wisata 18.1. Merencanakan kegiatan wisata.
18.2. Memberikan penjelasanan singkat kepada
wisatawan
18.3. Mengelola rencana perjalanan wisata.
18.4. Memberikan informasi dan bantuan umum.
18.5. Mengatasi peristiwa yang tidak diharapkan.
19. Mengemas produk dan jasa 19.1. Mencari informasi produk dan jasa pariwisata.
Pariwisata. 19.2. Mengemas produk jasa perjalanan wisata.
20. Menyiapkan bantuan kedatangan 20.1. Melaksanakan transfer keatangan untuk
dan keberangkatan. wisatawan rombongan atau perorangan.
20.2. Melaksanakan transfer keberangkatan
untuk wisatawan rombongan atau perorangan
21. Menerbitkan tiket penerbangan 21.1. Menginterpretasikan informasi tarif
internasional ( normal dan penerbangan internasional.
promosi ). 21.2. Menghitung tarif penerbangan internasional.
21.3. Memproses dokumen perjalanan udara
internasional.
22. Menyiapkan penawaran harga paket 22.1. Menghitung biaya produk dan jasa wisata.
wisata. 22.2. Memberikan penawaran harga paket wisata
kepada pelanggan.
22.3. Memutakhirkan penawaran harga paket
wisata.
23. Mempresentasikan komentar 23.1. Menyiapkan informasi pemanduan untuk
pemanduan wisata. disampaikan kepada pelanggan / wisatawan.
23.2. Menyajikan komentar pemandua kepada
24. Memperbaharui informasi tentang 24.1. Menjelaskan informasi tentang daerah
daerah setempat ( lokal ). setempat ( lokal )
24.2. Memperbaharui informasi tentang daerah
setempat ( lokal )