Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran

Mendidik tenaga kerja yang siap pakai dalam bidang pengelolaan administrasi perkantoran. Mulai dari tenaga staf kantor ,resepsionis ,hingga sekretaris manajer

Visi Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tk. Perkantoran

Menghasilkan tamatan yang profesional, santun, dan berprestasi unggul dalam bidang Otomatisasi dan Tk. Perkantoran.

Misi Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tk. Perkantoran

  1. Membentuk peserta didik berakhlak mulia, berbudi luhur, yang berlandaskan iman dan taqwa;
  2. Membekali pengetahuan peserta didik dalam keahlian bidang administrasi perkantoran, dan sikap kemandirian;
  3. Menciptakan kondisi pembelajaran yang kondusif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan tenaga administrasi perkantoran yang mampu bersaing dipasar nasional dan internasional.

Kompetensi Lulusan

Kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tk. Perkantoran merupakan salah satu bidang yang paling diminati oleh para lulusan SLTP saat ini. Program ini dirancang dalam rangka menciptakan tenaga kerja terampil pada bidang-bidang pekerjaan sebagai berikut :

  1. Penataan atau pengelolaan arsip
  2. Penataan atau pengelolaan surat atau dokumen
  3. Penanganan telepon (Telephone Handling)
  4. Penanganan tamu (Guest Handling)
  5. Pengetikan naskah atau dokumen
  6. Penyiapan pertemuan atau rapat
  7. Penanganan Kas Kecil
  8. Penyebaran informasi umum
  9. Data Entry

Dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan tersebut, para lulusan program keahlian ini mampu bekerja dibawah pengawasan jabatan diatasnya atau bekerja dalam tim kerja dibawah koordinasi pihak lain. Lulusan program ini secara spesifik memiliki kemampuan atau kecakapan dalam merencanakan dan mengorganisasikan pekerjaan Receptionist, Typist, Arsiparis, Staff Administrasi dan Sekretaris Yunior.

Prospek Kerja

Sekretaris adalah sebuah profesi administratif yang bersifat asisten atau mendukung. Gelar ini merujuk kepada sebuah pekerja kantor yang tugasnya ialah melaksanakan perkerjaan rutin, tugas-tugas administratif atau tugas-tugas pribadi dari atasannya. Pekerja atau karyawan ini biasanya melakukan tugas-tugas seperti mengetik, penggunaan komputer dan pengaturan agenda. Mereka biasanya bekerja di belakang meja. Prospek kerja lulusan Administrasi Perkantoran, dapat mengisi peluang kerja di kantor-kantor pemerintah/swasta, berwirausaha dan juga dapat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi.