Artikel BERITA Headline Kegiatan

Siwa-Siswi SMK Negeri 4 Bandar Lampung Ramaikan Acara Temu Karya Taman Budaya Lampung ke-20

BANDAR LAMPUNG-GubernurΒ LampungΒ Arinal Djunaidi membukaΒ Temu Karya Taman Budaya se-IndonesiaΒ ke-20 di UPTD Taman Budaya Provinsi Lampung, Selasa (16/11). Dia berharap Provinsi Lampung menjadi salah satu daerah lumbung budaya Indonesia.Β 

Pembukaan temu karya tersebut ditandai pemukulan Cetik Lampung oleh Gubernur Arinal bersama Sekretaris Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek Fitra Arda. Temu Karya tersebut bertajuk “Pesona Ekspresi Seni di Tengah Pandemi” berlangsung 16-18 November 2021. 

Gubernur Arinal berharap acara ini menjadi ajang berkreasi dan menjadikan budaya untuk mempererat persatuan dan kesatuan. Ia menyebutkan ini juga menjadi salah satu janji kerja dirinya untuk mewujudkan Lampung Kaya Festival. 

“Kita harus merawat buday Indonesia agar tidak punah dan harus mampu untuk dipertahankan. Saya mengajak kita semua baik seniman, kritikus seni, masyarakat serta satuan kerja terkait untuk berperan aktif dalam mengoptimalkan fungsi Taman Budaya,” ujar Arinal.

Kegiatan Temu Karya Taman Budaya diselenggarakan setiap tahun sejak 2002. Sedianya kegiatan ini diselenggarakan di Lampung pada tahun lalu, namun karena situasi pandemi COVID-19 penyelenggaraannya tertunda. Pada 2021 ini, Provinsi Lampung mendapat kehormatan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Temu Karya Taman Budaya XX mulai 16-18 November 2021 diikuti 18 Taman Budaya se-Indonesia.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Sulpakar, mengatakan terselenggaranya Temu Karya Taman Budaya ini di antaranya untuk meningkatkan hubungan kerjasama antara taman budaya se-Indonesia dalam proses pelestarian pengembangan dan pembinaan seni budaya. 

Selain itu, untuk memberikan ruang ekspresi dan kreasi bagi seniman dan pelaku seni di Indonesia. “Ini juga menjadi wadah dalam merumuskan dan menetapkan kebijakan dalam program temu karya taman budaya,” ujar Sulpakar. 

Sulpakar menyebutkan setiap Provinsi diharapkan dapat menampilkan potensi budaya, keunikan adat istiadat masing-masing daerah. Yang dikreasi dalam bentuk pameran seni rupa, seni tari, musik dan puisi. 

Kegiatan ini diikuti para seni perupa, siswa, tenaga pendidik dan kependidikan dalam bidang kebudayaan. Dengan bentuk kegiatan yaitu pameran seni rupa, pagelaran seni yang meliputi panggung ekspresi taman budaya se Indonesia dan panggung kreasi. Selain itu, digelar diskusi dan seminar seni rupa nasional.   

SMK Negeri 4 Bandar Lampung turut meramaikan acara Temu Karya Taman Budaya dengan  menampilkan kerajinan hasil karya siswa dari Program Keahlian Tata Busana, tataboga, desain komunikasi visual, dan bisnis daring pemasarn . Sejumlah  mug printing ,pakaian, tas,masker,pernak Pernik,tapis lampung dan taplak meja berbahan kain dipamerkan di sana.

HJ.Dewi Ningsih,S.Pd.M.Pd  Selaku Kepala SMK Negeri 4 Bandar Lampung berharap kegiatan Temu Karya Taman Budaya ini mampu memberi ruang dan fasilitasi para seniman dan siswa-siswi dari berbagai bidang pada lintas generasi untuk berkarya dan berinovasi dalam kemajuan kebudayaan.Semoga dengan adanya acara temu karya yang di selenggarakan ini bisa menjadikan siswa-siswi SMK Negeri 4 Bandar Lampung menjadi lebih kreatif lagi dalam mencipkatakn karya karya yang bernilai dan bersaing dengan umkm yang ada di lampung tutupnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *